Wisata Sambil Belajar, Siswa-siswi SMP Negeri 1 Karanglewas Ikuti Study Tour ke Jabar dan Gedung DPR MPRI RI Jakarta

    Wisata Sambil Belajar, Siswa-siswi SMP Negeri 1 Karanglewas Ikuti Study Tour ke Jabar dan Gedung DPR MPRI RI Jakarta

    BANYUMAS - 271 pelajar SMP Negeri 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas kelas 8 dan 9 didampingi 2 orang Komite 24 Guru pembimbing, Wali Kelas, dan Kepala Sekolah mengikuti rangkaian study tour ke beberapa tempat di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Rabu - Jum'at (31/01 - 03/02/2023). 

    Destinasi yang dituju adalah Musium Gajah (Musium Nasional) Jakarta Pusat, Ocean Samudra Ancol (GSA) Jakarta Utara, Dufan Pademangan Jakarta Utara, Anglung Mang Udjo Bandung Jawa Barat dan Gedung MPR/DPR RI (Secara khusus ke Sekjen MPR RI) Senayan Jakarta.

    "Tahun ini, SMP Negeri 1 Karanglewas melakukan perjalanan study tour bersama biro perjalanan Juli Tour Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Ketua panitia Lely penanggungjawab kepala sekolah SMP N 1 Karanglewas Dwi Riyani Darma  Setianingsih, " jelas Asron, guru pendamping kepada awak media melalui jaringan telpon.

    Dengan sangat antusias rombongan pelajar SMP menaiki mobil bus dari titik start di halaman Sekolah menuju ke Destinasi yang dituju satu persatu. 

    "Setibanya disana rombongan berkeliling melihat semua sudut lokasi baik di dalam dan di luar gedung. Mereka akan mendapatkan tambahan informasi dari narasumber di lokasi, " terang Lely.

    Dikatakan, bahwa program study tour itu penekanannya lebih kepada materi pembelajaran sesuai kurikulum. Di samping melaksanakan program kesiswaan, terdapat penguatan karakter salah satunya, mempelajari nilai-nilai sejarah, budaya, dan 4 pilar.

    “Siswa nantinya dapat melihat secara langsung dan mencatat nilai-nilai sejarah, proses yang terkandung di lokasi yang dikunjungi. Nanti siswa-siswi akan membuat catatan tentang hal yang mereka lihat, mereka dengar, dari catatan tersebut akan dibuat suatu laporan perjalanan. Kemudian diserahkan kepada guru sesuai dengan bidang studi masing-masing khususnya pelajaran bahasa Indonesia, dan pesan kesan siswa-siswi selama menjadi peserta study tour, ” papar Asron.

    Selain itu, wisata sekaligus belajar siswa-siswi menggali informasi, menambah wawasan dengan melihat langsung dan mendengarkan penjelasan dari sumbernya. 

    "Senang sekali saya dan teman-teman bisa ikut study tour ke beberapa tempat di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta, karena bisa menambah pengalaman dengan melihat langsung, bertanya langsung, " tutur Aulia, salah satu pelajar dari SMPN 1 Karanglewas.

    Kamis sore menjelang malam, rombongan SMP Negeri 1 Karanglewas diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal MPR RI Prof Dr Ma'ruf Cahyono, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang terimakasih semoga silaturrahmi ini menambah keberkahan untuk kita semua dan mendapatkan Ridlo Allah Swt.

    "Semoga kalian semua menjadi generasi penerus yang tangguh, bisa menjaga 4 pilar dimanapun berada dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, " doa serta harapan Ma'ruf Cahyono, yang ditirukan oleh Asron dan disampaikan kepada awak media, Jum'at (3/02/2023). 

    Redaktur         : JIS Agung 

    Kontributor     : Djarmanto-YF2DOI

    banyumas jateng
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    RUTAN Banyumas Gemakan Anti Narkoba

    Artikel Berikutnya

    Pernyataan Sikap Tegas, Alumni SMP Diponegoro...

    Berita terkait